Lagi Lagi HP : Pilih HP atau Al-Qur’an

Yang satu megang qur’an dan tilawah, membaca Al-Qur’an dengan langgam tartil yang bacaannya dapat dengan mudah merasuki hati hingga membuat kita menangis karena keindahan serta makna yg terkandung didalamnya. Satu lagi pegang HP aja.  Alibinya sih, memaksimalkan teknologi yang syarat akan jutaan aplikasi penunjang untuk kebutuhan dakwah yang kian dinamis“.

Demikian tulisan bang Rizki owner Sunna Barbeque yang juga salah satu yang aktif dalam kegiatan Punkajian Bekasi, ia menulis dalam status di salah satu akun medsosnya. Dan Rizki adalah tokoh utama di dalam foto dan juga status yang ia unggah, ia adalah seorang pemusik yang kini fokus menjalankan bisnis kuliner miliknya.

Rizki – Owner Sunna Barbeque

Sebuah nikmat yang sangat besar ketika kita mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an, kemudian merasuk ke dalam hati, dan secara tidak sadar menetes airmata karena khusyu dan karena mengingat Allah azza wa jalla melalui ayat-ayat-Nya.

Tangisan yang sangat syahdu, tangisan timbul karena takut kepada Allah, bergetar hati karena nama Allah disebut dan berguncang jiwanya ketika mengingat maksiat dan dosa yang ia lakukan, inilah tangisan keimanan, tangisan kebahagiaan dan tangisan hanifnya jiwa. Sebuah hal yang sangat berharga yang tak bisa dicapai oleh semua orang, hanya orang dengan jiwa dan hati yang bersih yang akan melakukan hal ini. Nabi Muhammad Shallallâhu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لا يلج النار رجل بكى من خشية الله حتى يعود اللبن في الضرع

Tidak akan masuk neraka seseorang yang menangis karena merasa takut kepada Allah sampai susu [yang telah diperah] bisa masuk kembali ke tempat keluarnya.” (HR. Tirmidzi no. 1633)

Menangis karena takut dan cinta kepada Allah tak bisa terjadi dengan sendirinya, tak bisa terjadi begitu saja, semua terjadi karena proses yang panjang, proses untuk meyakini Allah adalah maha penguasa dan maha penyayang, semua harap dan takut terkumpul menjadi satu, dan kemudian mendapat sinyal dari lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an kemudian meneteslah air mata yang luar biasa.

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ آيَاتُهُ زَادَتْهُمْ إِيمَاناً وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ

Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, bertambahlah iman mereka karenanya dan hanya kepada Rabb mereka, mereka bertawakkal.” (QS. Al-Anfal: 2)

Sementara fenomena gegap gempita teknologi handphone saat ini sudah tak terelakan lagi, seluruh kehidupan seolah dalam satu genggaman. Kalo pergi dompet ketinggalan cuek aja, tapi kalo HP ketinggalan, hampir bisa dipastikan akan puter balik motor dan ambil dulu HP nya.

Handphone bagai sebuah pisau bermata dua, bisa menjadi penyelamat dan berguna bagi kehidupan dan untuk orang lain, namun bisa juga mencelakakan diri sendiri juga orang lain.

Berjuta pilihan aplikasi yang tersedia di HP, berjuta kegiatan dan pilihan hiburan ada di sana, berjuta amal kebaikan dan diskusi bermanfaat pun ada di sana, semua adalah pilihan, mau membawa kemana handphone yang ada di genggaman kita. Untuk keindahan dan hiburan dunia atau untuk ibadah dan kebahagiaan nanti di hari yang kekal.

Salman Al Makassari – Scooteris Hijrah

Sebelah kiri bang Rizki adalah seorang penghafal Al-Qur’an yang berasal dari Makassar, ia memilih hijrah dari Makassar ke Bekasi memenuhi undangan salah seorang ustadz yang pernah di jumpai di tanah kelahirannya, bermodal alamat singkat “Bekasi Utara” dan dibekali sebuah nomor handphone ia pun nekat berangkat dari Makassar ke Bekasi, tak punya modal untuk biaya transportasi, motor di tangan pun ia jual demi tiba di Bekasi Utara.

Salman Al Makassary, ia adalah seorang Scooterist asal Makassar, yang drop out dari sekolah kemudian memilih hidup bebas di jalan. Sudah bosan dengan hingar bingar, nikmat dan kebebasan duniawi, ia memilih hijrah dan menjadi seorang penghafal Al-Qur’an. Salman Al Makassary berhasil menghafal Al-Qur’an dalam waktu 1 tahun 6 bulan. (Red/Riz)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *