Punkajian Gelar Ruqyah Syar’iyah

Pengertian ruqyah secara terminologi adalah al-‘udzah (sebuah perlindungan) yang digunakan untuk melindungi orang yang terkena penyakit, seperti panas karena disengat binatang, kesurupan, dan yang lainnya.
Ruqyah bukan pengobatan alternatif. Justru seharusnya menjadi pilihan pertama pengobatan tatkala seorang muslim tertimpa penyakit. Sebagai sarana penyembuhan, ruqyah tidak boleh diremehkan keberadaannya.

Alhamdulillah, di pagi yang cerah tadi markaz Punkajian_Bekasi kedatangan Ustadz Ahmad Sadzali,Lc. Beliau adalah seorang praktisi Ruqyah Syariyah di daerah Bekasi.

 

Beliau menjelaskan tentang definisi ruqyah, tata cara ruqyah menurut tuntunan syariat dan ruqyah yang menyalahi syariat. Beliau juga bertanya kepada kami. Menanyakan apa yang kami keluhkan, dan kenapa punya keinginan untuk di ruqyah.


Kami pun secara bergantian menceritakan keluhan kami masing-masing. Dari yang bemar-bemar merasakan gangguan jin sampai yang hanya ikut-ikutan doang.  Akhirnya kami pun di suruh duduk menghadap kiblat,dan di bagi menjadi 4 shaf.

Beliau berpesan agar kami hanya mendengarkan, tidak mengikuti bacaan beliau. Akan tetapi jika ada yang merasakan sakit atau ada yang aneh boleh untuk memegang bagian yang sakit dan mengucapkan takbir secara pelan. Singkat cerita sampai akhir,tidak ada yang merasa sakit dan perasaan aneh. Singkat cerita, ruqyah pun selesai dan di tutup doa.

Setelah itu beliau kembali mengingatkan kami bahwasanya kita tidak mencari reaksi tapi kita berharap agar Allah menyembuhkan segala penyakit yang ada di dalam jiwa raga kita dan kita dilindungi dari gangguan jin dan sejenisnya.

Beliau kembali mengingatkan agar kita meruqyah diri kita secara mandiri. Beliau berpesan bahwa Islam itu mudah. Amalkan yang wajib lalu yang Sunnah. Teruslah mengingat Allah dalam keadaan apapun, jangan “Goflah“.

Rutinkan dzikir setelah shalat, jangan lupa berdoa karena itu waktu yang mustajab. Dawamkan dzikir pagi dan petang sesuai sunnah karena itu sebuah perlindungan untuk kita.

Semoga Allah selalu memberikan kita kekuatan untuk selalu istiqomah di jalan-Nya.

Dan menjauhkan kita dari segala penyakit, dan melindungi kita dari kejahatan Jin dan Manusia. (Red/Mik)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *